AD / ART AMGPM

Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) adalah sumber hukum yang lebih dikenal dengan sebutan konstitusi. Sebagai konstitusi ia merupakan hukum yang mengatur dan mengikat anggota maupun lembaga sebagai aparat pelaksana organisasi pada semua jenjang kepemimpinan organisasi demi pencapaian tujuan organisasi. Konstitusi berarti pula Hukum Dasar. Sebagai Hukum Dasar ia merupakan hukum yang tertinggi di dalam berorganisasi dimana semua hukum dan peraturan-peraturan didalam organisasi lahir daripadanya dan tidak boleh bertantangan (harus konkordan) denganya. Pandangan ini pun mengisyaratkan, bahwa peraturan-peraturan organisasi AMGPM lainnya yang dibuat kemudian harus merupakan usaha penjabaran lebih lanjut dari padanya, dan mesti dalam rumusan-rumusannya.

Anggaran Dasar (AD) adalah aturan pokok dan Anggaran Rumah Tangga (ART) adalah kelengkapan dari aturan pokok tersebut. sebagai aturan pokok dan sebagai kelengkapan dari aturan pokok keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Aturan-aturan pokok yang diatur dalam bagian AD kemudian diatur lebih lanjut (dirinci) didalam bagian ART. Dalam bagian ART juga diatur tentang aturan­aturan lain yang sebelumnya tidak terdapat didalarn AD tetapi yang tidak bertentangan dengannya (juncto AD Bab XV, pasal 21). Secara keseluruhan baik aturan pokok (AD) maupun kelengkapan dari aturan pokok (ART) pada dasarnya telah mengatur hal-hal pokok bagi kehidupan organisasi, yang meliputi

  1. Keanggotaan organisasi,
  2. Kelembagann organisasi, dan
  3. Hubungan antara keanggotaan organisasi dan kelembagaan organisasi

Kongres Istimewa ke-III AMGPM (Tifu – Waekonit / Daerah Buru Utara, 24 Oktober 2016)telah meLaksanakan amanat Kongres ke XXVIII di Amahusu terkait Amandemen Perubahan AD ART AMGPM sesuai usulan perubahan dari daerah-daerah.  Berikut AD / ART hasil Kongres Istimewa yang dapat diunduh bagi seluruh kader AMGPM :